Rabu, 30 September 2020

KECERDASAN EMOSI DAN PENGENDALIAN DIRI

Emosi adalah semua jenis perasaan yang ada dalam diri seseorang. Emosi memiliki pearan yang besar dalam dinamika jiwa dan mengendalikan tingkah laku seseorang.

Emosi merupakan pengalaman yang nyata dan disertai dengan penyesuaian diri dalam diri seseorang berkaitan dengan mental, dan fisik yang berwujud suatu tingkah laku yang nampak serta semua jenis perasaan yang ada dalam diri seseorang, emosi memiliki peran yang sangat besar dalam dinamika jiwa dan mengendalikan tingkah laku seseorang.

Dalam kehidupan sehari-hari emosi identik dengan rasa marah, prilaku agresif atau ungkapan perasaan yang meledak-ledak. Manusia mencoba mengenali emosi yang muncul dengan membedakan antara emosi yang pasif dan emosi yang negatif. Orang yang tidak bahagia umumnya lebih sibuk dengan diri sendiri, dan merekalah yang rentan terhadap kehilangan ( depresi ), sering diliputi rasa sedih, kadang bersifat kurang bersahabat. Sehingga masalah muncul ketika diliputi masalah emosi negatif seperti rasa takut, cemas, sedih, rasa kehilangan, kecewa berat, marah, muak atau jijik.

Emosi Positif

       Merupakan sebuah keadaan diri yang sadar, perasaan nyaman (tidak merasa tertekan), riang (senang & terlibat dengan materi yang diajarkan), & senantiasa menampakkan semangat & gairah dalam menuntut ilmu.

       Seseorang dengan kestabilan emosi, baik dalam suasana menyenangkan maupun tidak menyenangkan akan dapat menyikapinya dengan baik & wajar.

       Misal: orang yang gagal dalam tes/ presentasi tetap bersikap wajar & tenang karena merupakan proses pembelajaran. Hal yang terpenting adalah adanya kesadaran akan kekurangan & kedepannya dapat memperbaikinya.

       Jika mendapatkan keberhasilan, akan dilingkupi perasaan senang & itu wajar sebagai tanda bersyukur. Namun tidak boleh terlena dengan kegembiraan yang berlebihan & menajdi sombong/ lalai.

       EMOSI TIDAK STABIL


       Dapat menghambat kelancaran dalam melakukan aktivitas belajar di sekolah & di rumah.

       Tanpa disadari perasaan yang direpresi, saat terbangun pagi hari merasa sangat lelah & tidak bersemangat. Kepala terasa pusing, mual, sakit perut karena akan bertemu teman yang menyakiti perasaan atau karena tugas yang harus dikumpulkan hari itu belum selesai, maupun belum siap ulangan.

       Penyebabnya karena tidak siap mengikuti pelajaran sehingga memutuskan tidak masuk sekolah, padahal yang akan terjadi belum tentu seperti apa yang dipikirkan.

       Hal ini akanmerugikan kita & menimbulkan masalah baru.

       Perasaan mudah tersinggung, mudah marah, rasa malu berlebihan, selalu ragu (galau) menyedot energi emosi.

       Kita perlu mengendalikan emosi.

EMOSI YANG STABIL

       Merupakan emosi yang baik, tidak terpengaruh keadaan lingkungan & dapat mengendalikannya dengan baik.

       Gunakanlah energi emosi ini dengan cerdas, hal itu akan membawa pengaruh pada perilaku kita.

     BACA JUGA : ALAT PERAGA PECI SAHABAT

0 komentar:

Posting Komentar